Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

FORWAKA Sumbawa sebagai Translator antara Kejari dengan Masyarakat

Seputar NTB
Senin, 05 Juli 2021 | 16.37 WIB

  

Adi Manaungi,Ketua FORWAKA Sumbawa


Sumbawa Besar, Seputarntb.com - Forum Wartawan Kejaksaan (FORWAKA) Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB disebut sebagai translator atau penerjemah selain sebagai wadah pemersatu bagi insan pers. Dimana sebagian besar masyarakat yang masih awam dengan peraturan perundang-undangan, disinilah salah satu fungsi terbentuknya FORWAKA di Kabupaten Sumbawa.


Saat ditemui langsung oleh media ini di kediamannya, Jumat (2/7/2021), Adi Manaungi selaku Ketua FORWAKA Sumbawa mengatakan, FORWAKA tidak hanya sebagai wadah berkumpulnya para jurnalis, tetapi juga mempunyai fungsi sebagai penyampai segala bentuk informasi atau edukasi khususnya tentang hukum ke masyarakat.


Adi Manaugi juga menyampaikan banyak terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya khususnya kepada Kejari Sumbawa yang telah berkenan untuk menjadi Dewan Pembina, juga pengurus FORWAKA telah menyusun program agenda jangka pendek.


"Untuk awal ini yang pertama melakukan sosialisasi hukum, khususnya kepada teman-teman media baik yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kemudian Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) maupun Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan lainnya," katanya.


"Ini maksudnya agar tidak hanya di lingkup FORWAKA saja yang memahami pola pemberitaan dari segi hukum, tetapi teman-teman dari media lain juga harus paham tentang cara penulisan hukum berkaitan dengan jurnalistik. Sehingga berita tersebut dengan mudah dipahami oleh masyarakat yang masih awam," tegas Adi Manaungi.


"Yang kedua, terkait dengan bagaimana upaya kita menegakkan hukum di daerah ini, apalagi sejumlah kasus tindak pidana umum maupun kasus korupsi dan narkoba. Kenyataannya Sumbawa telah dinyatakan darurat narkoba oleh kepala BNNK Sumbawa, karena terdapat 157 desa telah terpapar narkoba. Oleh karena itu FORWAKA juga siap melakukan pendampingan dengan BNNK dalam rangka melakukan sosialisasi terkait dengan bagaimana melakukan pencegahan dan antisipasi terhadap peredarannya," tambahnya.


"Harapan kami, dengan dibentuknya FORWAKA ini selain ingin berintegritas dengan semua elemen juga ingin membantu masyarakat agar lebih mudah mengolah dan memahami informasi mengenai hukum atau peraturan perundang-undangan demi mewujudkan masyarakat Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban." pungkasnya.




Pewarta : Bagus 

  • FORWAKA Sumbawa sebagai Translator antara Kejari dengan Masyarakat
  • 0

Terkini