Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Secara De Facto, Yayasan Dharma Sewanam Lombok Telah Berdiri

Seputar NTB
Jumat, 14 Mei 2021 | 16.09 WIB
Kanan - Kiri : Jro Mangku Bambang ,Jro Mangku Getul,Gusti Nonong dan Imang Sugiarta. Diskusi Upakara di Bidari Hotel,12 Mei 2021 (Foto/Bayu).

Mataram, SeputarNTB.com - Kemenkumham menyetujui usulan nama Yayasan Dharma Sewanam Lombok (YDSL) yang diajukan oleh Ikatan Cendekiawan  Hindu Indonesia (ICHI) Regional NTB. Secara de facto YDSL sudah berdiri.


Demikian disampaikan  Ketua ICHI NTB, Dr. Ir. I Gst. Lanang Media, M.Si., dalam pertemuan lanjutan pembentukan YDSL ini di Hotel Bidari, Cakranegara, Kota Mataram, Minggu (9/5/2021) lalu.


Lebih lanjut Media mengatakan bahwa  dengan mengacu kepada UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan,  pembentukan YDSL bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan. Dengan demikian kedepannya  yayasan dapat  membangun panti asuhan, rumah sakit, sekolah/ashram, pemeliharaan tempat suci, membantu fakir miskin dan kegiatan sosial, keagamaan dan kemanusiaan lainnya. “Saat ini pembuatan akta  dan legalitas yayasan sedang berproses di Notaris Anak Agung Made Arnaya, SH.Mkn,“ ucap Media.


Sementara saat ini umat Hindu di Lombok  dihadapkan dengan masalah upakara dan adat-istiadat yang oleh sebagian orang masih dirasakan rumit dan memberatkan.  Lebih-lebih lagi bagi umat yang hidup di perantauan dan tinggal di perumahan, sering merasakan kesulitan di dalam pelaksanaan upakara pitra yadnya (kematian).


Jangka pendek, YDSL akan hadir ketika ada umat yang membutuhkan bantuan. ‘’Yayasan bukan mengambil alih upakara yang dilaksanakan oleh keluarganya, tetapi hanya membantu untuk meringankan beban umat, itu pun bagi umat yang membutuhkan bantuan," jelas Media.


YDSL memohon dukungan dari seluruh tokoh umat dan akan mengajak serta  sebanyak-banyaknya  warga masyarakat Hindu  untuk bergabung. "Ini kami upayakan agar misi sosial, keagamaan dan kemanusiaan yang diemban yayasan dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi umat,’’ harap Ketua Yayasan Dharma Sewanam Lombok.


Banyak tanggapan, saran, masukan serta harapan dari para tokoh yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan itu. Pada dasarnya semua yang hadir berharap agar Yayasan Dharma Sewanam Lombok dapat mengemban misi  membantu meringankan beban umat dalam pelaksanaan upacara pitra yadnya dan meningkatkan perekonomian umat serta dapat hidup harmonis di tengah kehidupan masyarakat yang heterogen di Lombok dan di NTB pada umumnya.


Di sisi lain ada pula sebagian warga yang  pesimis dengan terbentuknya Yayasan Dharma Sewanam Lombok, mengingat telah  cukup banyak lembaga, perkumpulan, ormas dan yayasan yang bernafaskan Hindu, namun belum cukup  dirasakan manfaatnya secara nyata.


Ditemui pada kesempatan lain, Ketua YDSL,mengatakan kondisi demikian sangat dimaklumi dan akan dijadikan dorongan bagi pengurus dalam mewujudkan harapan umat. Sampai saat ini pengurus terus bergerak menemui para penglingsir dan tokoh-tokoh masyarakat  untuk memohon restu, saran dan masukan serta telah melakukan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan misi dan tujuan yayasan. 


"Ijinkan kami bekerja, semoga kebaikan datang dari segala arah. Kepada umat muslim kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1442 H. Mohon  Maaf Lahir dan Batin,“ pungkas Gede selaku Ketua Yayasan Dharma Sewanam Lombok.


Pewarta : Bayu Adjie

  • Secara De Facto, Yayasan Dharma Sewanam Lombok Telah Berdiri
  • 0

Terkini