Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Peran Pedagang Keliling Dalam Menumbuhkan Ekonomi Keluarga

Seputar NTB
Rabu, 19 Mei 2021 | 20.03 WIB

Oleh : Hikmah Damayanti (Mahasiswa UNU NTB)


Artikel : Dusun kelambi adalah salah satu dusun yang ada di desa pandan indah kecamatan praya barat daya kabupaten lombok tengah. Di dusun kelambi, pekerjaan masyarakat sangatlah beragam dan variatif mulai dari pertanian, pedagang, pedagang sayur, palawija dan lain sebagainya. Salah satu yang sangat mendominasi yakni masyaraat dusun kelambi menjadi pedagang di rumah seperti jajan, es dan rokok.


Sala satunya yakni IQ. Nase (58) yang acap kali dipanggil inaq utung yakni yang berprofesi sebagai pedagang keliling sejak tanggal 23 agustus 2005 hingga sekarang. Bahkan Iq. utung tidak mengenal waktu untuk berkeliling ke seluruh kampung di Dusun Kelambi hanya demi memperlancar niat dan kegigihannya dalam berjualan atau berdagang di kampung halamannya.


Namun di sisi lain, iq. utung memerani proses sebagai pedagang mulai dari pagi pergi ke pasar renteng untuk membeli barang dagangannya sampai dengan waktu zuhur.  Iq. utung setelah sampai rumah, beliau mempersiapkan untuk menggoreng segala jenis bahan dagangannya seperti tahu, sate, ayam, gorengan. Setelah sholat asar sepulang dari mushola untuk sholat berjamaah, iq. utung berangkat keliling untuk berdagang ke suluruh kampung di dusun kelambi dengan memikul seluruh barang dagangannya dengan bak karet dengan berat kurang lebih 25 Kg bakan selain itu di tangan kiri iq. utung juga membawa sedikit dari barang dangannya seberat 7 Kg.


Menariknya, iq. utung selalu mempersiapkan lampu senter sebagai alat untuk berdagang keliling ke seluruh kampung di dusun kelambi hingga larut malam sekitar jam 11 malam. Setelah iq. Utung selesai sholat magrib, beliau langsung berangkat berdagang keliling dengan memikul segala barang dagangannya hanya demi kesejateraan ekonomi keluarga. Bahkan iq. Utung tidak menyempatkan diri untuk sholat isya di rumah, semata-mata hanya demi ekonomi dan ironisnya iq. Utung sampai sholat isya di rumah warga bahkan kadang-kadang iq. Utung sampai tertidur di mushola atau di ruma warga. Bahkan kadang si pemilik rumah membangunkan iq. Utung untuk pulang ke rumahnya karena waktu sudah malam.


Ironisnya iq. Utung sering berjualan atau berdagang saat hujan deras bakan pernah jatuh saat berjualan. Di sisi lain, dusun kelambi berada di sekitaran pelosok desa di bagian utara lombok tengah. Selain itu dusun kelambi berada di dataran tinggi perbukitan dengan jalan yang masih becek. Namun iq. Utung tida kelan menyera hanya demi mendapatkan dan mencukupi kebutuhan keluarganya.


Oleh karena itu, iq. Utung biasanya pulang berjualan atau berdagangan keliling ke rumah warga pada waktu malam hari. Bahkan iq. Utung pernah melihat hantu dalam perjalanan pulang berjualan keliling. Namun beliau tidak pernah berhenti dalam menjalankan proses berjualan kelilingnya di kampung halmannya.


Sehingga biasanya iq. Utung setelah sampai rumah beliau langsung istirahat untuk mempersiapkan tenaganya untuk besok paginya pergi ke pasar renteng ke kota praya kabupaten lombok tengah. Seiring perjalanannya sebagai pedagang keliling, iq. Utung ditingalkan suaminya meninggal dunia pada tahun 2019. Namun iq. Utung tidak pernah menyerah dan menghentikan usahanya dalam berjualan keliling hingga saat ini.


Setelah itu, tahun 2020 salah satu anak laki-lakinya menikah, sehingga iq. Utung menuai keringanan dengan adanya menantunya yang membantu berjualan di rumah. Di mana kehadiran menantunya dapat memberikan peluang istirahat dengan dibantu oleh menantunya dalam berjualan baik di rumah hingga membantu iq. Utung dalam menggoreng segala barang dagangannya seperti ayam, sate dan lain sebagainya.  

Dalam proses berjualan keliling ini, iq. Utung dapat menuai keuntungan kurang lebih 1 juta dalam satu bulan. Sedangkan kerugian yang didapatkan oleh iq. Utung yakni sekitaran 50 ribu dalam 2-3 hari diaibatkan oleh rusaknya barang dagangannya seperti satenya  basi dan sayur-sayurannya rusak atau layu. Namun sampai saat ini, iq. Utung masih tetap eksis dan gigih dalam menjalankan proses berjualan kelilingnya.         

  • Peran Pedagang Keliling Dalam Menumbuhkan Ekonomi Keluarga
  • 0

Terkini