Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Gas Bocor Picu Kebakaran, Satu Rumah Warga di Labuhan Lalar Terbakar

Seputar NTB
Selasa, 18 Mei 2021 | 22.27 WIB

Sumbawa Barat, SeputarNTB.com - Kebakaran menimpa sebuah rumah warga di Desa Labuhan Lalar, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (18/5/2021). Kebakaran terjadi akibat bocornya gas pemilik rumah. 

Kebakaran menimpa rumah milik pasangan suami istri Mahyuddin (46), seorang nelayan dan Faizah (44), ibu rumah tangga, warga Dusun Bangsal, Desa Labuhan Lalar, sekitar pukul 11.30 WITA. 

Adapun kronologis awal sebelum kebakaran terjadi, pemilik rumah Faizah, ingin menggantikan tabung gasnya yang telah habis dengan yang baru dibelinya. Namun saat akan memasang selang kompor gas, Faizah tidak menyadari bahwa ternyata tabung gasnya bocor. Pada saat menyalakan kompor gas, seketika api menyambar kemudian membakar dinding dapur sehingga merambat ke dinding rumahnya. Beruntung pada saat kejadian tersebut, Faizah langsung melarikan diri bersama anak-anaknya. 

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh saksi bernama Ali, yang merupakan tetangga korban. Saat itu, saksi yang sedang duduk di depan rumahnya mendapati asap mengepul dari bagian atas rumah korban. Kemudian saksi memberitahukan kepada warga sekitar sehingga warga berdatangan untuk memadamkan api.

Beruntungnya, warga kompak bekerja sama berusaha memadamkan api. Setelah beberapa jam api akhirnya dapat dipadamkan, barulah setelah itu dua mobil pemadam kebakaran datang. Meskipun demikian pemadam kebakaran tetap menyemprotkan air untuk antisipasi adanya gesekan karena rumah yang terbuat dari kayu. 

Disamping itu, sang suami Mahyuddin sendiri mengatakan kepada media bahwa dirinya tidak ada di lokasi saat kejadian tersebut. Ia ketika itu masih berada di pantai sehingga datang tetangga menjemputnya menggunakan motor. Sontak Mahyuddin yang biasa akrab disapa Denis itu panik dan segera menuju kerumahnya. Saat tiba dirumahnya, warga sudah berkumpul dan bergotong royong memadamkan api, sedangkan dirinya bergegas menyelamatkan dokumen penting miliknya.


"Saya saat itu masih dipantai, terus saya dipanggil dan dijemput oleh tetangga saya menggunakan sepeda motor, saat tiba di lokasi, saya liat warga sudah berkumpul dan api sudah merambat ke dinding rumah, ketika itu saya langsung menyelamatkan dokumen penting milik saya". Ungkapnya pada Media 

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan luka, namun akibat kebakaran bagian dapur dan separuh dinding rumah berikut sejumlah barang yang berada di dalamnya terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Setelah api berhasil dipadamkan, Mahyuddin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Labuhan Lalar yang telah membantu dan bekerja sama sehingga api tidak melalap habis rumahnya. 

Ditemui di lokasi, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Ir. Muhammad Saleh, M.Si, ketika mendapatkan informasi langsung terjun ke tempat kejadian. Ia mengatakan nantinya kerugian yang terjadi akibat kebakaran tersebut akan didata oleh BPPD selanjutnya dilaporkan dan kemudian akan diatasi dan ditangani oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

Pewarta: Indra Dwi Herfiansyah
  • Gas Bocor Picu Kebakaran, Satu Rumah Warga di Labuhan Lalar Terbakar
  • 0

Terkini