Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

TP. PKK Kota Mataram Sosialisasi Juklak Kelompok Dasawisma

Seputar NTB
Sabtu, 10 April 2021 | 19.02 WIB



Mataram, SeputarNTB.com - TP. PKK Kota Mataram bekerjasama dengan TP. PKK Provinsi NTB menyelenggarakan Sosialisasi Juklak Kelompok Dasawisma PKK, yang diikuti oleh Ketua dan Sekretaris TP. PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Mataram, di Aula Pendopo Walikota Mataram, Sabtu (10/4/2021).

Ketua TP. PKK Kota Mataram menerangkan, Dasawisma merupakan unit terkecil kelompok PKK yang terdiri dari 10 anggota RT. Tujuan dibentuknya kelompok Dasawisma diharapkan dapat sebagai pengawas dan pemantau oleh masyarakat agar terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini masyarakat.

"Dasawisma harus mampu dan mengawasi masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit masyarakat, kesehatan, bencana, kegawat daruratan yang akan mengancam dan merugikan masyakarat sehingga dapat dilakukan pencegahan dan penanggulangan secara efektif," harapnya.

Lebih lanjut Ny. Hj. ND. Kinnastri Mohan Roliskana menyampaikan bahwa kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera, untuk itu diharapkan agar dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dan Program Pemerintah.

"Pencatatan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi termasuk PKK sehingga diharapkan kelompok dasawisma menjadi garda terdepan PKK dalam mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat," tambahnya.

Sementara ituTP. PKK Provinsi NTB diwakili oleh Ketua Pokja II Ny. Hj. Sumiyati Yusuf dan Anggota Pokja I TP. PKK Provinsi NTB menyampaikan apresiasi kepada TP. PKK Kota Mataram karena pada kesempatan ini menghadirkan semua TP. PKK Kecamatan dan Kelurahan yang semula kegiatan ini hanya diwakilkan oleh dua kelurahan binaan TP. PKK Provinsi NTB saja.

"TP PKK diharapkan mampu memberikan pemahaman yang sama terhadap kelompok Dasawisma termasuk didalam pencatatan tiga buku wajib Dasawisma yaitu buku catatan keluarga, buku catatan data dan kegiatan warga dan buku catatan kelahiran, kematian bayi dan kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas." harapnya.

Di akhir kegiatan, Ketua TP. PKK Kota Mataram menyerahkan 1 paket (tiga buku wajib) Dasawisma PKK yang diserahkan  secara simbolis kepada Ketua TP. PKK Kecamatan Sekarbela.

Pewarta : Muhammad Wildan
  • TP. PKK Kota Mataram Sosialisasi Juklak Kelompok Dasawisma
  • 0

Terkini