Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Peduli Kemanusiaan, HIMINFO Universitas Cordova Gelar Donor Darah

Seputar NTB
Minggu, 11 April 2021 | 15.29 WIB


Sumbawa Barat, SeputarNTB.com - Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMINFO) Universitas Cordova menggelar kegiatan sosial donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, di gedung Ibnu Taimiyah Universitas Cordova, Sabtu (10/4/2021).

Mengusung tema "Sebagian Darahku Untuk Sesama, Kepedulian Kita Harapan Mereka", kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Cordova sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Aksi sosial tersebut dilatar belakangi karena melihat kondisi di tengah-tengah masyarakat bahwa banyaknya kebutuhan akan darah di Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat.

Ketua panitia pelaksana kegiatan donor darah, Indra, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terlaksana awalnya karena melihat banyaknya info dan pesan masuk yang beredar di sosial media, orang yang membutuhkan darah, baginya, hal tersebut menandakan bahwa RSUD Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat kekurangan stok darah, hal inilah yang menjadi dasar terlaksananya kegiatan donor darah tersebut. 

"Dalam beberapa bulan terakhir ini kita banyak mendapatkan info dan pesan masuk di WA, Facebook dan Sosial Media orang-orang yang membutuhkan darah, tentu hal itu menandakan kalau stok darah di Bank Darah RSUD Asy-Syifa kurang dan terbatas, maka dari itu kami mengadakan kegiatan donor darah ini sebagai bentuk peduli terhadap sesama" Tegasnya 

Kegiatan donor darah tersebut bekerja sama dengan RSUD Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat dan PMI Sumbawa Barat. Aksi sosial tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Unit Pelayanan Darah RSUD Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat, Iwan Muliawan Budiatmo, S. Kep. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Cordova karena telah membantu Rumah Sakit Asy-Syifa dalam menambah kebutuhan stok darah, baginya kegiatan tersebut sangat penting dan berharap nantinya dapat dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. 

"Kami ucapkan terima kasih, ini dalam rangka membantu rumah sakit Asy-Syifa juga dalam pencarian donor darah, karena memang kegiatan ini memang sangat penting dan perlu diperbanyak supaya masyarakat tau, dan kalau bisa sih mahasiswa mengadakan yaa setiap tiga bulan sekali dah dibuat jadwalnya seperti itu" Katanya 

Kepala Unit Pelayanan Darah RSUD Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat, Iwan Muliawan Budiatmo, S. Kep juga mengungkapkan bahwa memang Rumah Sakit Asy-Syifa mengalami kekurangan dan keterbatasan stok darah dikarenakan masa pandemi, sehingga pasien yang memerlukan darah, untuk sementara hanya bisa memanfaatkan donor darah dari keluarga mereka sendiri. 

"Kami di rumah sakit persediaan nya lagi terbatas berkaitan dengan pandemi ini, jadi  kami rumah sakit tidak keluar untuk mencari darah, sementara, jadi kita hanya bisa memanfaatkan dari donor darah dari keluarga untuk kebutuhan pasien selama dirumah sakit, nah dengan adanya donor dari HIMINFO ini akan membantu kami untuk menambah istilahnya kebutuhan stok darah di rumah sakit" Ungkapnya 

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Cordova, Junaidi Efendi, sangat mendukung kegiatan tersebut, ia berpesan kepada para mahasiswa agar tetap menjaga jarak dan memakai masker dalam kegiatan donor darah tersebut. Disamping itu ketua HIMINFO, Poakang Rahimuddin, merasa sangat bangga dan berharap kegiatan donor darah dan sosial lainnya dapat terus berlanjut sehingga mampu menumbuhkan sikap kepedulian terhadap sesama dan mengembangkan serta memajukan Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Cordova lebih baik kedepan. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 60 peserta, akan tetapi tidak semua peserta lulus dalam screening atau persyaratan donor darah sehingga kantong darah yang berhasil terkumpul mencapai 16 kantong darah. 

Kegiatan donor darah tersebut berlangsung dengan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dalam acara tersebut juga anggota HIMINFO sembari mensosialisasikan penggunaan masker dengan membagikan masker kepada para peserta yang tidak memakai masker.

Acara tersebut diisi hiburan musik oleh Band Mahadova Universitas Cordova. Diakhir kegiatan, ketua panitia, Indra, mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia, dosen, serta pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ia juga mengajak kepada anggota HIMINFO untuk tetap solid dan kompak dalam setiap kegiatan apapun. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia, yang telah bekerja keras membantu persiapan acara ini, tetap solid dan kompak, Terima kasih juga kami ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu proses kelancaran acara ini, baik itu RSUD Asy-Syifa, PMI Sumbawa Barat, Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, Laz Dasi NTB, Dinas Sosial Sumbawa Barat, BPJS Kesehatan, Bank BNI, Mahadova Band dan terutama kampus Universitas Cordova yang telah memberi suport atas berlangsungnya kegiatan ini" Ungkap Indra selaku ketua panitia dalam kegiatan donor darah tersebut. 

Pewarta: Indra Dwi Herfiansya
  • Peduli Kemanusiaan, HIMINFO Universitas Cordova Gelar Donor Darah
  • 0

Terkini