Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Jaga Toleransi Antar Umat Beragama, MUI dan FKUB Silaturrahmi ke Polres Loteng

Seputar NTB
Kamis, 01 April 2021 | 17.52 WIB

Lombok Tengah, Seputar NTB.- Polres Lombok Tengah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Loteng, melakukan kunjungan silaturrahmi ke Polres Loteng, Kamis (1/4/2021). 

Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK, memberikan ucapan terima kasih atas kedatangan pengurus MUI Loteng dan para Alim Ulama Kabupaten Loteng serta FKUB Loteng.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan MUI Loteng, Tokoh Agama dan FKUB yang telah hadir dalam kesempatan ini untuk berdiskusi terkait beberapa hal dalam menciptakan kondisi daerah yang aman dan nyaman,” ucap Esty.

Beberapa hari lalu, kata Esty, aksi bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Sulawesi Selatan, telah menggegerkan semua orang.

“Dalam peristiwa tersebut diidentifikasi pelaku berasal dari wilayah NTB,” Ungkapnya.

Disampaikan juga bahwa mulai dari hari Jum’at sampai dengan Minggu, rekan umat Nasrani akan melaksanakan persembahyangan dalam rangka wafatnya Isa Al Masih.

“Untuk itu, jelas Esty, dalam menciptakan toleransi umat beragama sudah sepatutnya kita saling menjaga satu sama lain,” Jelasnya.

Iya juga berharap agar pada pelaksanaan puasa kali ini tidak ada perbedaan antara Nahdatul Ulama dan Muhamadiyah.

“Kita berharap tidak ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah terkait pelaksanaan puasa tahun ini,” Tuturnya.

Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun pemerintah sudah mulai mengeluarkan kebijakan dengan membuka sarana ibadah. Sentra ekonomi juga sudah dibuka kembali.

“Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro seiring berjalannya waktu mulai kita terapkan demi meredam penyebaran wabah Covid-19,” ungkapnya.

Disisi lain, kata Esty, Pemerintah juga sedang melaksanakan giat vaksinasi kepada warga, sehingga diharapkan peran serta para alim ulama untuk membantu mensukseskan giat vaksinasi tersebut.

“Mengapa kita sangat mengharapkan peran para alim ulama, karena masyarakat lebih mendengar penyampaian dari para alim ulama ketimbang pemerintah,” Ucapnya.

Ketua MUI Loteng Drs. H. Minggre Hamy, mengungkapkan masalah vaksinasi yang awalnya meragukan kini sudah dapat diterima masyarakat. Bahkan MUI sudah ada yang di vaksin termasuk para Tuan Guru.

“Masalah Teroris, kami tegaskan bahwa umat Islam sangat anti terhadap kekerasan dan kerusakan. Kami juga mengecam aksi tersebut,” Tegasnya.

Pihaknya berharap dalam rangka menyambut Ramadhan sekiranya aparat keamanan atau Polri bisa menjamin keamanan dan ketenangan diantaranya dengan menertibkan petasan, warung atau restoran yang buka di siang hari dan balap liar malam hari dan minuman keras di tempat – tempat tertentu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Kecamatan Pringgarata meminta kejelasan regulasi atau hukum dalam penanggulangan Covid-19.

“Kalau masalah Teroris, tolong jangan mengidentikkan dengan agama,” Pesannya.

Pewarta: Fadly Saleh

  • Jaga Toleransi Antar Umat Beragama, MUI dan FKUB Silaturrahmi ke Polres Loteng
  • 0

Terkini