Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Tingkatkan Generasi Islami, MTQ XVII Tingkat Kecamatan Taliwang Resmi Dibuka

Seputar NTB
Sabtu, 27 Maret 2021 | 20.23 WIB

Sumbawa Barat, Seputar NTB.- Untuk meningkatkan dan mencetak generasi muda yang islami, Pemerintah Kecamatan Taliwang resmi membuka Lomba Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII, Jum'at (26/3/2021), di Lapangan Bage, Kelurahan Bugis, Taliwang, Sumbawa Barat. 


Acara pembukaan Lomba MTQ tingkat Kecamatan itu diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ. Disusul dengan laporan Ketua Panitia. Dalam laporannya, Zulkifli, SE yang juga merupakan Lurah Kelurahan Bugis, menjelaskan bahwa peserta MTQ ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang tahun 2021 berjumlah 344 orang, peserta berasal dari seluruh Kelurahan dan Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Taliwang. 

"Izinkan saya melaporkan peserta MTQ ke-XVII Tingkat Kecamatan Taliwang Kab. Sumbawa Barat, peserta pertama Kelurahan Bugis yang merupakan tuan rumah 33 orang, Kelurahan Dalam 30 orang, Kelurahan Menala 34 orang, Kelurahan Kuang 30 orang, Kelurahan Sampir 31 orang, Kelurahan Arab Kenangan 34 orang, Kelurahan Telaga Bertong 26 orang, Desa Seloto 22 orang, Desa Labuhan Lalar 20 orang, Desa Batu Putih 19 orang, Desa Banjar dan Sermong mengirimkan 15 orang, Desa Lalar Liang dan Kertasari mengirimkan masing-masing 7 orang, Desa Temekan 4 orang dan terakhir Desa Persiapan Lamunga 17 orang." Beber Lurah Bugis dan sekaligus Ketua Panitia dalam sambutannya. 

Lurah Bugis, Zulkifli, SE, dalam sambutannya juga menyampaikan permohonan maaf kepada Kepala Camat Taliwang, jika dalam acara pembukaan Lomba MTQ ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang terdapat kekurangan, beliau menegaskan bahwa untuk mempersiapkan arena tersebut butuh waktu satu bulan dengan bekerja sama dengan elemen Masyarakat untuk mensukseskan MTQ tersebut di wilayahnya. 

"Kami menyiapkan arena ini satu bulan pak, mungkin dalam menyiapkan arena ini tidak sesuai dengan harapan Pak Camat, saya selaku Lurah Bugis mohon maaf, mungkin ini yang bisa kami perlihatkan ke Pak Camat" Ungkapnya. 

Selanjutnya pelantikan dewan hakim dan pemukulan bedug bertanda acara resmi dibuka, Aku Nur Rahmadin, Camat Taliwang membuka Lomba MTQ ke-XVII Tingkat Kecamatan Taliwang. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran panitia kegiatan, yang telah mempersiapkan arena sehingga pelaksanaan lomba MTQ ini bisa terlaksana.

Aku Nur Rahmadin juga mengatakan dengan diadakannya kegiatan MTQ ini, diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat warga dalam membaca kitab suci Al-Qur’an, terutama bagi para generasi muda, khususnya di Kecamatan Taliwang. Dia juga mengatakan bahwa MTQ ini sebagai ruang untuk menata hati dan rasa dengan sering-sering membaca Al-Quran. 

“Terima kasih kepada seluruh panitia, semoga dengan diadakannya MTQ ini, bisa mengembangkan minat dan juga bakat terutama generasi muda untuk membaca Al-Qur’an dan mari kita manfaatkan MTQ ini sebagai ruang untuk menata hati dan rasa, karena dengan membaca Al-Quran hati akan lebih cepat tertata." Katanya 

Selain itu, Aku Nur Rahmadin juga merasa bangga karena MTQ kali ini mengalami peningkatan peserta dan antusias serta partisipasi Desa dan Kelurahan cukup tinggi, Camat Taliwang itu juga menyampaikan Terima kasih kepada Kepala Desa dan Lurah yang ada di Kecamatan Taliwang.

"MTQ kali ini memang mengalami peningkatan, Tahun 2020 pesertanya kurang dari 300 sekarang cukup besar, dan alhamdulillah partisipasi semua Desa dan Kelurahan cukup tinggi, terima kasih kepada Kades-kades dan Lurah-lurah yang telah membina adek-adek kita untuk mengikuti lomba MTQ ke XVII ini" Jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Aku Nur Rahmadin menegaskan bahwa sejak dirinya dilantik pada 7 Januari 2020 lalu, dirinya tetap berikhtiar untuk menata dan membangun Kota Taliwang dengan slogannya TAKOTA (Taliwang Kota Tertata) baik secara fisik maupun rohani. 

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan Lomba MTQ Ke-XVII Tingkat Kecamatan Taliwang tersebut dihadiri oleh Forkopimcam, Anggota DPRD Provinsi H. Ismail SAP, Wakil Ketua DPRD Kab. Sumbawa Barat Merliza S. Sos, Anggota DPRD KSB Andi Laweng SH, Kepala UPTD Puskesmas Taliwang, Sekcam, Kepala Desa dan Kepala Lurah Sekecamatan serta para tamu undangan tokoh agama dan masyarakat.

Pewarta: Indra Dwi Herfiansyah
  • Tingkatkan Generasi Islami, MTQ XVII Tingkat Kecamatan Taliwang Resmi Dibuka
  • 0

Terkini