Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Soal Impor Beras, Kadis Pertanian Loteng: Itu Hanya Wacana!

Seputar NTB
Jumat, 19 Maret 2021 | 18.10 WIB
Lalu Iskandar (Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah)
Lombok Tengah, Seputar NTB.- Maraknya isu soal rencana pemerintah pusat mengimpor beras dari luar negri dan dinilai menimbulkan keresahan bagi petani lokal, ditanggapi Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, Lalu Iskandar. "Impor beras itu masih sebatas wacana, karena kondisi cadangan pangan nasional kita sampai saat ini masih aman," ungkap Iskandar, Jum'at (19/3/2021).

Menurut Iskandar, kondisi ideal cadangan pangan nasional sesuai dengan rekomendasi FAO sebesar 1,25 juta ton ekuivalen beras, cadangan provinsi 200 ton dan cadangan pangan kabupaten 100 ton ekuivalen beras.

"Kalaupun terjadi impor beras tidak mungkin masuk NTB, karena trend produksi kita cenderung naik secara signifikan. Akan tetapi sasarannya adalah kabupaten dan provinsi yang bukan sentra padi. Itupun hanya sebatas intervensi bila terjadi fluktuasi harga." jelasnya. 

"Justru yang lebih penting sekarang ini adalah, bagaimana upaya kita agar petani pada saat panen raya bisa mendapatkan harga yang layak. Salah satu hal yang harus segera kita lakukan adalah melakukan rapat koordinasi dengan banyak pihak, seperti Bulog, Bank, Gapoktan, pengelola Vertikal Driyer, Pertanian, Ketahanan Pangan dan KTNA. Kita diskusikan bersama terkait dengan harga gabah dan meningkatkan serapan pembelian Bulog," tambah Iskandar. 

"Koordinasi ini yang lebih penting kita lakukan terlebih dahulu dibandingkan dengan menolak impor beras yang belum jelas," tandasnya.


Pewarta: Fadly Saleh
  • Soal Impor Beras, Kadis Pertanian Loteng: Itu Hanya Wacana!
  • 0

Terkini