Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

NTB Krisis Sumber Daya Air, Kepala BWS Nusa Teggara 1 Harapkan Dukungan Masyarakat

Seputar NTB
Selasa, 23 Maret 2021 | 15.23 WIB



Lombok Tengah, Seputar NTB. - Peringatan hari air se-dunia ke-29 dipusatkan di Bendungan Pengga, Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, kegiatan ini dilaksanakan balai wilayah sungai nusa tenggara (BWS NT) I," Senin (22/03/2021)

"Kegiatan ini dilakukan melalui zoom metting secara nasional. Kapala BWS NT 1, Hendra Ahyadi mengatakan, ketahanan sumber daya air di Nusa Tenggara Barat cukup mencemaskan. Selain itu banyak potensi air sungai yang mengalir begitu saja ke laut. Sehingga menurutnya perlu teknologi tepat guna, sehingga pengelolaan wilayah sungai bisa lebih maksimal.

Kita melakukan penanaman pohon yang bersekala ekonomis selain untuk menumbuhkan kembali potensi yang ada juga bis dinikamti oleh Masyarakat sekitar. Ini upaya efektif untuk menanggulangi krisis sumber daya air,” Jelasnya

Pada kegiatan tersebut, pihak BWS akan menanam pohon sebanyak 750 pohon produktif. Adapun jenisnya, pohon mangga, pohon nangka, pohon jambu mente, dan pohon kemiri sunan. Pohon tersebut rencananya akan di tanam di sepanjang wilayah sabuk hijau Bendungan Pengga. Daerah yang juga disebut sempadan waduk itu, sebutnya akan diberlakukan sistem zonasi, agar pohon dan tanaman yang ada bisa terlindungi, baik dari keeusakan oleh manusia maupun binatang.

"Kita coba satu per satu setiap momen kita lalukan penanaman lanjutnya, program tersebut juga akan menyasar bendungan- bendungan yang ada di NTB, sebanyak 72 bendungan secara bertahap yang saat ini dimulai dari Bendungan Pengga.


Untuk menindak lanjuti keberlangsungan dari kegiatan tersebut, pihaknya berharap dukungan masyarakat agar mampu menjaga, merawat dan memanfaatkan dengan baik wilayah konservasi waduk.

“Agar ini didukung masyarakat, pendekatannya tidak hanya struktural, tapi juga melibatkan masyarakat untuk menjaga ekosistem waduk,” Katanya

Sementara itu, Camat Praya Barat Daya, Zaenal Mustakim merespons kegiatan tersebut dengan baik. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya di lingkar Bendungan Pengga.

”Pohon ini sumber air, sumber oksigen, pemandangan yang indah dan bernilai besar,” Ungkap Zainal.

Ia juga menjalaskan, lokasi tersebut sejak lama sudah direncanakan menjadi destinasi wisata hijau. Menurutnya, potensi itu akan bisa terakomodir dengan kegiatan ini. Selain itu camat berharap ada perhatian dari pemerintah daerah agar hajatan tersebut bisa terealisasi.

“Mimpi kita, lokasi Bendungan Pengga tidak hanya dimanfaat air, namun lingkungan yang hijau, dan geliat pariwisata," Ucap Camat Prabarda tersebu. 

Pewarta: Fadly Saleh
  • NTB Krisis Sumber Daya Air, Kepala BWS Nusa Teggara 1 Harapkan Dukungan Masyarakat
  • 0

Terkini