Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

DPW Gerbang Tani NTB Kecam Rencana Pemerintah Impor Beras

Seputar NTB
Rabu, 10 Maret 2021 | 19.03 WIB


Mataram, Seputar NTB.- Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani bersama Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerbang Tani NTB, menyikapi rencana pemerintah melakukan impor beras 1-1,5 ton. Menurut para pengurus itu sangat disayangkan dan harus ditolak.


"Rencana ini telah menyebabkan anjloknya harga jual gabah kering panen (GKP) di kalangan petani. Sehingga hasil panen yang dinikmati petani tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan" ujar Ketua DPW Gerbang Tani NTB, Didiet M Fitrah, S.Psi, M.Psi,T.


Lebih lanjut, Didit, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa meskipun impor beras masih dalam tahap rencana, tapi sudah mempengaruhi harga jual gabah kering panen petani. Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh tengkulak untuk memainkan harga, sehingga merugikan petani. Selain itu, alasan iron stock baik untuk cadangan yang disampaikan pemerintah juga layak dikaji kembali. Sebab alasan ini telah menyebabkan kerugian yang dialami jutaan patani di Indonesia dan berlawanan dengan data yang dikeluarkan oleh BPS.


Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, tercatat terjadinya peningkatan produksi panen padi dari tahun 2019 yang mencapai 54.604.033,34 ton  menjadi 54.649.202,24 ton pada tahun 2020. Ada peningkatan mencapai 45.000 ton. Pada kuartal I tahun ini, BPS juga memperkirakan produksi beras akan meningkat 26 persen.


"Berdasarkan data tersebut, kami selaku Dewan Pengurus Nasional Gerbang Tani dan Dewan Pengurus Wilayah Gerbang Tani NTB, meminta pemerintah membatalkan rencana impor beras 1-1,5 juta ton, menuntut kepada Bulog untuk mendahulukan penyerapan gabah kering panen dari petani dengan harga yang layak. Terakhir, meminta pemerintah untuk meningkatkan alokasi anggaran sektor pertanian untuk menjaga stok beras dan pangan lainnya," pungkasnya.


Pewarta: Bayu Adjie

  • DPW Gerbang Tani NTB Kecam Rencana Pemerintah Impor Beras
  • 0

Terkini