Header Ads

  • Breaking News

    Sumbawa Berlakukan Moratorium Logging


    Sumbawa, Seputar NTB.- Pemerintah Provinsi NTB melakukan Moratorium Logging, yaitu penghentian penebangan hutan untuk seluruh hutan di wilayah Sumbawa, baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. Kebijakan Moratorium Logging ini tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 188.4.5-75/Kum Tahun 2020, tanggal 18 Desember 2020, yang ditindaklanjuti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan surat Nomor 522/02/PH/DISLHK/2021. 


    Instruksi itu memberikan tugas kepada instansi-instansi di bawah lingkup Pemerintah NTB untuk memastikan bahwa jeda tebang hutan ini terlaksana di lapangan. Kebijakan ini juga mengikat para pemegang konsesi penebangan (HPH, HTI), usaha dan kegiatan lainnya yang memiliki implikasi terhadap penebangan hutan. 



    "Moratorium Logging diartikan sebagai penghentian sementara seluruh penebangan hutan di Sumbawa. Ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pemerintah NTB dalam meletakkan pondasi pengelolaan hutan yang lestari dan adil bagi rakyat NTB," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM.


    Pengelolaan hutan yang lestari akan menjamin keberlanjutan ekonomi bagi rakyat NTB, khususnya Sumbawa di masa depan. Selain itu juga merupakan kontribusi rakyat Sumbawa dalam mengurangi laju perubahan iklim global yang bermanfaat bagi masyarakat dunia. (Saprudin) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad