Header Ads

  • Breaking News

    Seputar NTB Gelar Pelatihan Jurnalistik di Hotel Bidari Mataram

    Penasehat Seputar NTB, Gede Wenten, foto bersama peserta pelatihan jurnalistik di Hotel Bidari Mataram.



    Mataram, Seputar NTB.- Media online Seputar NTB menggelar pelatihan jurnalistik di Hotel Bidari Mataram, Sabtu (13/2/2021). Pelatihan ini diikuti para wartawan seputarntb.com dan juga mengundang wartawan media online grafikanews.com sebagai tamu peserta.

    Pelatihan jurnalistik yang  dimulai pukul 10.00 hingga 15.30 Wita itu, menghadirkan dua narasumber yang merupakan wartawan senior di NTB. Mereka adalah, H. Rudi Hidayat, Pengurus Pusat (PP) Jaringam Media Siber Indonesia (JMSI) yang juga pendiri media online lombokboss.com dan H. Boy Mashudi, Ketua Umum JMSI NTB yang juga pendiri grafikanews.com di Mataram.

    Dua narasumber tersebut banyak berbagi ilmu jurnalistik kepada peserta pelatihan. Mulai dari cara menggali berita, teknik wawancara, menulis berita hingga marketingnya seperti apa. Keduanya tidak saja berbagi pengalaman selama 20 tahun lebih mereka menjadi wartawan, tetapi juga memberi suntikan semangat bagaimana menjadi wartawan yang handal dan tahan banting selama menekuni profesi ini.

    Di tengah-tengah acara, hadir pula penasehat Seputar NTB, Gede Wenten. Kepada para peserta pelatihan, dia berpesan agar dalam bertugas selalu menjaga marwah wartawan.

    "Jadi wartawan harus bermartabat. Jangan pernah takut selagi benar. Jangan terkontaminasi oleh hal-hal yang di luar etika jurnalis. Dan, jangan jadi oknum wartawan pemeras sehingga menjatuhkan wartawan itu sendiri," pesan Gede Wenten.

    Sementara itu, pendiri Seputar NTB, Bayu Adjie, selaku penggagas pelatihan jurnalistik mengatakan, pelatihan ini lebih dititik beratkan pada bagaimana para wartawan Seputar NTB bisa memahami tugas dan kewajibannya sebagai seorang jurnalis.

    "Poin pentingnya adalah mereka (peserta) jadi tahu bagaimana cara menulis berita untuk media umum. Karena menulis berita itu kan berbeda cara dengan kita menulis untuk media pribadi seperti blog atau website organisasi atau lembaga khusus," kata Bayu Adjie.

    Yang diharapkan Bayu dari kegiatan ini, setelah pelatihan selesai maka para wartawan yang rata-rata masih pemula tersebut akhirnya bisa menulis berita secara benar dan selalu berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

    Pewarta: Purwandi
    Editor: Purwandi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad