Header Ads

  • Breaking News

    Kementerian PUPR akan Perbaiki Jalan Rusak Akibat Longsor di Lombok


    Mataram, Seputar NTB.- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, berencana memperbaiki badan jalan negara yang rusak akibat longsor di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

    Kepala BPJN NTB, Reiza Setiawan, mengatakan timnya sudah mengidentifikasi kerusakan dan rencana penanganan jalan negara di kawasan wisata Senggigi tersebut, agar segera dapat dimulai pekerjaan perbaikannya.

    "Kami akan mengusulkan ke pusat agar perbaikan jalan tersebut bisa menggunakan dana tanggap darurat," katanya, Senin (8/2/2021). 

    Ia belum bisa memastikan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan tersebut, karena masih dalam proses identifikasi kondisi kerusakannya.

    BPJN NTB, kata Reiza, juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat terkait adanya trotoar yang ikut longsor. Perbaikan trotoar tersebut, tentu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

    "Perbaikan trotoar yang ikut rusak akibat longsor menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Lombok Barat," ujarnya

    Tebing di Dusun Batu Bolong Desa Batulayar Barat, Kabupaten Lombok Barat, longsor akibat hujan deras pada Sabtu (6/2) lalu. Akibatnya, beberapa meter badan jalan dan trotoar ikut ambles.

    Hingga saat ini, badan jalan negara di kawasan wisata Senggigi tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat ukuran mini, sedangkan kendaraan berukuran besar tidak diperbolehkan melintas.

    Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Lombok Barat melakukan pengamanan lokasi dengan menggunakan traffic cone dan tali, serta mengimbau masyarakat untuk tidak berada maupun beraktivitas atau berswafoto di sekitar lokasi tebing yang longsor sepanjang 50 meter.

    BPJN NTB juga sudah menutup badan jalan yang masih utuh dengan terpal, agar kerusakan tidak semakin parah jika terjadi hujan deras.

    Pewarta: Bayu Adjie
    Editor: Purwandi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad