Header Ads

  • Breaking News

    PT. AMNT Dituntut Masyarakat Lingkar Tambang


    Sumbawa Barat, Seputar NTB.- Masyarakat lingkar tambang mulai bergerak menuntut pemulihan ekonomi di lingkaran tempat tinggal mereka di area PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat. Masyarakat Maluk sudah melayangkan tuntutan mereka ke PT. AMNT.


    Sedikitnya ada 11 tuntutan ke PT. AMNT yang disampaikan masyarakat lingkar tambang. Antara lain, menuntut PT. AMNT melakukan pemberdayaan terhadap seluruh lini kehidupan masyarakat agar kehidupan mereka menjadi lebih baik, memberikan kembali dana CSR ke masing-masing desa sekitar tambang, pemulihan perekonomian masyarakat, memprioritaskan tenaga kerja lingkar tambang, membuka balai training di wilayah lingkar tambang, menutup akses rekrut satu pintu, pemberdayaan pengusaha lokal dengan mengaktifkan kembali Lokal Bisnis Inisiatif, memberikan kembali akses Visitor, mendesak PT. AMNT agar menggunakan jasa buruh untuk bongkar muat barang supplier, mengembalikan wewenang parkir Gate Benete ke pihak desa dan menuntut perusahaan agar pengelolaan limbah Scrap melibatkan lembaga adat.


    Masyarakat Kecamatan Maluk berharap kepada pihak PT. AMNT untuk segera memenuhi tuntutan mereka.


    Tuntutan kepada PT. AMNT itu sendiri disuarakan secara langsung dalam unjuk rasa yang dilakukan ratusan warga lingkar tambang Batu Hijau Sumbawa Barat. Artinya, mereka benar-benar memenuhi rencana mereka untuk melakukan aksi demonstrasi di akses masuk PT AMNT, Kamis (14/1/2021).


    Dalam unjuk rasa yang dimulai pukul 10.00 Wita itu, ratusan warga yang terlihat adalah para ibu-ibu dan sejumlah tokoh serta aktivis setempat dan warga masyarakat lainnya.


    Para demonstran membentangkan berbagai spanduk berisi sejumlah tuntutan, yang intinya berharap ekonomi lingkar tambang membaik. Aparat Kepolisian juga terlihat berjaga-jaga mengawal aksi masyarakat itu. 


    Pewarta : Bayu Adjie

    Editor : Purwandi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad