Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Presiden RI Joko Widodo Serahkan 14 Ribu Sertifikat Tanah Rakyat di GOR Mampis Rungan Sumbawa

Senin, 30 Juli 2018 | 20.06 WIB

Sumbawa Besar - Presiden RI, Joko Widodo didampingi Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, Gubernur NTB terpilih, DR Zulkieflimansyah, Staf Kepresidenan, Moeldoko, Menteri Pertanahan, Menteri PUPR, serta Bupati Sumbawa, menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Sumbawa, senin (30/07) di GOR Mampis Rungan Sumbawa.


Penyerahan sertifikat secara simbolis kepada 12 warga dari kabupaten/kota se-Pulau Sumbawa tersebut dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan kepastian hukum atas kepemilikan tanah mereka. Hal itu juga merupakan upaya pemerintahan Jokowi untuk mengejar sertifikasi terhadap 7 juta bidang tanah milik rakyat tahun 2018. artinya, ada sekitar 14.850 bidang tanah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kini telah memiliki bukti kepemilikan yang diakui oleh hukum.
Dari jumlah itu, Presiden Joko Widodo menyerahkan secara langsung 1.037 sertifikat kepada para penerima.

Dalam arahannya, Presiden menyatakan penyerahan sertifikat tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sengketa lahan yang banyak terjadi di setiap daerah. "Setiap saya ke daerah selalu warga mengadukan masalah kepada saya tentang sengketa lahan karena rakyat belum pegang yang namanya sertifikat tanda bukti hak hukum atas tanah," ujar Presiden.

Selain itu, lanjut Jokowi, percepatan penerbitan sertifikat ini menurutnya harus dilakukan. Sejumlah target telah ditetapkan pemerintah kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang agar rakyat memiliki bukti hak hukum atas tanah yang mereka miliki. "Mulai tahun kemarin 5 juta harus keluar. Tahun ini 7 juta sertifikat harus keluar. Tahun depan 9 juta sertifikat harus keluar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," paparnya.

Kepala Negara mengingatkan kepada jajarannya bahwa dirinya sudah tak menginginkan lagi pelayanan masyarakat yang lama dan berbelit-belit. Pengurusan sertifikat hak atas tanah sebagai bagian dari pelayanan masyarakat harus dapat dilayani dengan baik dan cepat. "Saya sudah peringatkan kepada Pak Menteri, Kanwil BPN, dan Kantor BPN hati-hati untuk urusan sertifikat. Yang berhubungan dengan rakyat harus dilayani dengan baik dan cepat," tegasnya.

Untuk diketahui, 14.850 bidang tanah di NTB yang kini telah bersertifikat tersebar di 4 kabupaten dan 1 kota dengan rincian Kabupaten Sumbawa Barat dengan 1.015 bidang tanah, Kabupaten Sumbawa dengan 4.646 bidang tanah, Kabupaten Dompu dengan 2.014 bidang tanah, Kabupaten Bima dengan 5.175 bidang tanah, dan Kota Bima dengan 2.000 bidang tanah.

Editor : Bayu
  • Presiden RI Joko Widodo Serahkan 14 Ribu Sertifikat Tanah Rakyat di GOR Mampis Rungan Sumbawa
  • 0

Terkini