Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Puskesmas Mataram tetap buka saat libur Lebaran

Seputar NTB
Senin, 04 Juni 2018 | 18.56 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi

Mataram - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat memastikan puskemas rawat inap tetap buka 24 jam saat libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Dari 11 puskesmas yang ada, empat puskesmas rawat inap yang siap melayani masyarakat 24 jam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Minggu.

Keempat puskesmas rawat inap tersebut adalah Puskesmas Karang Taliwang, Puskesmas Ampenan, Puskesmas Tanjung Karang dan Puskesmas Pejeruk.

Selain empat puskesmas rawat inap itu, dua puskesmas lainnya yang memiliki ruang unit gawat darurat yakni Puskesmas Mataram dan Puskesmas Dasan Agung juga siap melayani masyarakat saat libur dan cuti bersama Idul Fitri.

"Enam puskesmas itu tetap akan memberikan pelayanan selama libur lebaran sesuai dengan jam kerja dan setiap puskemas juga kita pastikan harus ada dokter dan perawat siaga 24 jam yang siap melayani masyarakat. Jika pasien membutuhkan tindakan lebih lanjut akan dilakukan rujukan ke RSUD Mataram," katanya.

Dikatakan, meskipun selama Idul Fitri puskesmas tetap buka dan melayani masyarakat, namun kegiatan-kegiatan turun lapangan seperti posyandu dan penyuluhan ditiadakan.

"Selama libur lebaran, Posyandu dan berbagai kegiatan penyuluhan tidak kita laksankan karena masyarakat juga masih sibuk dalam suasana hari raya," katanya.

Dikatakannya, puskesmas sebagai pusat pelayanan terdekat masyarakat harus tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Pasalnya, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setelah libur lebaran biasanya banyak pasien yang datang ke puskesmas dengan keluhan sakit perut dan diare.

"Hal itu salah satunya disebabkan karena saat lebaran masyarakat banyak mengonsumsi makanan, padahal kondisi badan terutama perut masih menyesuaikan setelah satu bulan berpuasa," katanya.

Sementara menyinggung tentang kesiapan obat-obatan, Usman menjamin, stok obat-obatan mencukupi.

Dengan adanya kepastian stok berbagai obat-obatan mulai dari obat diare, batuk pilek, rematik, darah tinggi, obat luka luar dan lainnya, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir akan kekurangan stok atau takut datang ke puskesmas untuk berobat. (*)
Pewarta : Bayu Aji
Editor : Bayu

  • Puskesmas Mataram tetap buka saat libur Lebaran
  • 0

Terkini