Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Kawasan TNGR Terbakar‎

Seputar NTB
Sabtu, 16 Juni 2018 | 21.06 WIB
Polisi berusaha memadamkan api yang terus menjalar dikawasan Taman Nasionak Gunung Rinjani

Lombok Timur
- Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) terdapat di wilayah Sajang,Kecamatan Sembalun terbakar,Sabtu siang (16|6),sekitar pukul 14.30 wita. Dengan jumlah lahan yang terbakar diperkirakan seluas 35 hektar.


Sementara api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.20 wita oleh tim dari TNGR, TNI,Polri dan masyarakat sekitar yang membantu memadamkan api. Sehingga menyebabkan api tidak menyebar ke tempat lain.

Kepala Seksi Wilayah II Balai TNGR Lotim, Benediktus Rio Wibawanto saat dikonfirmasi Seputar NTB membenarkan kalau pihaknya telah menerima laporan mengenai masalah adanya kawasan TNGR di wilayah Sajang yang terbakar.

Dengan dengan dugaan sementara disebabkan karena puntung rokok para pendaki yang melawati jalan tersebut. Sehingga membakar ilalang yang mudah terbakar kemudian menjalar apinya ke tempat lainnya.

Sementara pada satu sisi kawasan yang terbakar itu  merupakan jalur trecking Rinjani.Namun api sudah bisa dipadamkan petugas.‎

" Dari laporan petugas dilapangan kalau jumlah lahan yang terbakar mencapai luas 35 hektar,"  tegas Rio‎

Ia menjelaskan kawasan TNGR yang berada di Sajang itu merupakan jalan menuju ke tempat wisata air terjun Mangku Sakti.Sedangkan pada saat terjadi kebakaran itu petugas mendapatkan laporan dari masyarakat.

Dengan langsung menindaklanjuti untuk melakukan pemadaman bersama. Dimana dibantu oleh TNI,Polri dan masyarakat berangkat untuk memadamkan api tersebut.

" Api baru dipadamkan tiga jam kemudian setelah petugas berusaha untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke tempat lain," ujarnya.

Lebih lanjut Kasi TNGR Lotim menghimbau kepada masyarakat atau pendaki untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan atau menyalakan api di kawasan TNGR. Karena tentu dampaknya akan mengalami kebakaran seperti ini.

Apalagi kawasan TNGR merupakan hutan savana dan ilalang yang tentunya mudah terbakar,kalau terkena dengan percikan api. Bahkan saat ini musim kemarau yang tentunya tetap dilakukan antisifasi terhadap adanya kebakaran di kawasan TNGR seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Mari kita sama-sama jaga kawasan TNGR ini dengan baik dengan tidak membuang sampah maupun rokok yang menyebabkan terjadinya kebakaran," tandasnya.
Pewarta : Rizal
Editor : Bayu
  • Kawasan TNGR Terbakar‎
  • 0

Terkini