Header Ads

  • Breaking News

    Kampanye Unik Tim Suhaili-Amin di Bulan Suci Ramadhan

    Relawan Suhaili-Amin di posko Ngopi Gratis

    Mataram - Tiap pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) punya cara dan kiat sendiri untuk meraih simpati masyarakat NTB di masa kampanye Pilkada 2018 ini.

    Seperti juga yang dilakukan tim pemenangan pasangan HM Suhaili Fadil Tohir dan HM Amin (Suhaili-Amin), dengan terus aktif menggelar kegiatan sederhana yang merakyat. Salah satunya, dengan berbagi takjil dan secangkir kopi gratis di sejumlah lokasi, setiap menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan ini.

    Menariknya, pada setiap kegiatan interaksi dengan masyarakat itu, tim relawan Suhaili-Amin, tidak melulu mengkampanyekan visi-misi paslon dan mengarahkan masyarakat untuk memilih pasangan nomor 1 ini. Interaksi justru lebih banyak digunakan untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada Serentak, dan mengedukasi masyarakat agar turut berpartisipasi dengan menggunakan hak pilih mereka pada Pilkada yang digelar 27 Juni mendatang.

    "Jadi yang kami lakukan ini juga untuk mengedukasi masyarakat. Kami ingin turut serta membangkitkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak ini,  terutama pemilih pemula. Salah satu cara ya dengan tetap giat melakukan bagi-bagi kopi gratis dan taqjil, terutama menjelang berbuka puasa dan setelah sholat traweh," kata tim pemenangan Suhaili-Amin, Hasan Masad.

    Menurut Hasan, soal menang dan kalah dalam sebuah pesta demokrasi itu hal yang lumrah. Namun, jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana masyarakat di NTB bisa turut terlibat dan berpartisipasi maksimal dalam menyalurkan suara hak pilihnya di bilik-bilik TPS saat hari "H" pencoblosan.

    Aksi berbagi takjil dan kopi gratis dilakukan tim relawan Suhaili-Amin di sejumlah lokasi yang menjadi titik keramaian atau tepat kongkow generasi milenial kekinian. Baik itu di Kota Mataram, Lombok Tengah, bahkan sampai di Kota Bima.

    "Kita sasar memang pemilih pemula, para remaja generasi muda kita agar mereka tidak gamang tentang hak-hak politik mereka. Sehingga mereka juga secara sadar mau berpartisipasi menyalurkan hak suara dalam Pilkada ini," tukasnya.

    Salah seorang koordinator kegiatan Ngopi Gratis ala Suhaili-Amin, HL Suriade mengatakan, kegiatan yang digelar sepanjang bulan Ramadhan ini juga dilakukan untuk ibadah dan sekaligus menjalin silaturahmi dengan masyarakat.

    "Kami tidak semata mata mencari dukungan atau simpati,  karena kita tahu dalam bulan ramadhan begitu susahnya mencari waktu untuk bersosialisasi, maka dengan kami pro-aktif mendekati mereka lewat pembagian taqjil dan kopi gratis. Nah, sambil bertegur sapa dan ngobrol santai kita dapat berkomunikasi langsung dengan masyarakat," katanya.

    Koordinator lainnya, Baiq Elly Hadiawati mengungkapkan, selama kegiatan merakyat itu dilakukan, antusiasme sambutan masyarakat cukup baik, terutama di kalangan generasi muda.
    Lewat kegiatan itu, menurut Elly, para generasi muda diajak agar turut menentukan pilihan dan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada. Sebab, pilihan mereka sangat menentukan bagi kemajuan NTB ke depan, yang lebih sejahtera.

    Uniknya, kegiatan berbagi takjil dan kopi gratis ala Suhaili-Amin ini juga banyak yang dilakukan secara swadaya. Beberapa pihak yang merasa terpanggil untuk turut mensosialisasikan Pilkada dan ingin meningkatkan angka partisipasi pemilih, juga mulai ikut serta.

    Salah seorang pentolan relawan Suhaili-Amin, Suhartiningsih mengatakan, takjil dan kopi gratis yang dibagikan ke masyarakat disediakan secara urunan di beberapa lokasi.
    Tentu saja, agar tak mengganggu penghasilan para pedagang UMKM yang juga menyediakan kopi dan jejanan berbuka puasa, lokasi berbagi takjil dan kopi gratis dipilih dengan sangat hati-hati.

    "Kami ini urunan dan selalu hati-hati memilih lokasi,  sebab kami tidak mau mengganggu masyarakat terutama pedagang yang sudah punya lapak kopi dan penjual taqjil," katanya.
    Menurut Suhartiningsih, lokasi-lokasi berbagi takjil dan kopi gratis sambil sosialisasi Pilkada ini akan terus dilakukan hingga masa kampanye berakhir nanti. Lokasinya pun semakin lama semakin banyak, baik itu di Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan juga Lombok Utara.

    "Kami akan terus melakukannya agar tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat dalam Pilkada kali ini. Karenanya mohon pengertian para penyelenggara  seperti KPUD dan Bawaslu, dan mari kita bersama sukseskan Pilkada serentak 2018 ini dengan baik. Sebab salah satu indikator suksesnya Pilkada kan ditandai dengan partisipasi masyarakat yang tinggi," tukas Suhartiningsih.

    Pasangan Cagub dan Cawagub Nomor Urut 1 Suhaili-Amin merupakan pasangan yang didukung oleh koalisi Partai Golkar, Nasdem dan PKB dalam Pilkada NTB tahun 2018 ini.
    Suhaili yang merupakan petahana Bupati Lombok Tengah, dan Amin yang merupakan petahana Wakil Gubernur NTB, mengusung jargon "NTB Sejahtera" dalam visi dan misi mereka.


    Pewarta: Bayu Aji
    Editor: Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad