Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Ini Ruas Jalan Propinsi di Sumbawa yang butuh Perbaikan

Seputar NTB
Senin, 21 Mei 2018 | 19.54 WIB
Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Propinsi NTB Kabupaten Sumbawa, Jamaluddin Maladi, MT
Sumbawa Besar - Dua ruas jalan Provinsi di Sumbawa yang mengalami kerusakan cukup parah yakni  ruas jalan Sumbawa-Lunyuk dan ruas jalan Samongkat-Batudulang yang terdapat banyak titik kerusakan.  Untuk Kabupaten Sumbawa, ruas jalan yang agak parah dan menjadi PR propinsi yakni ruas jalan Sumbawa-Lunyuk dari Simpang Boak dan ruas jalan Samongkat-Batudulang. "Kalau ruas jalan di Moyo Hilir, Raberas, Boak dan lainnya lumayan dibandingkan kedua ruas jalan tersebut,” ujar Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Propinsi di Pulau Sumbawa, Jamaluddin Maladi, MT kepada wartawan, baru baru ini.

Dijelaskan Jamaluddin, untuk ruas jalan Sumbawa-Lunyuk khusus yang dari Lenangguar ke Lunyuk sedang dilakukan pengerjaan oleh rekanan secara sporadik. Yakni di titik atau segmen paling parah dan tidak layak dilalui kendaraan berat dan masyarakat. Pengerjaan jalan tersebut  multiyears dilakukan sejak tahun 2017 lalu hingga Juni 2018 mendatang. Sedangkan jalan dari Simpang Boak-Lenangguar, tahun ini tidak ada penanganan sebab menyangkut anggaran APBD 1 yang cukup terkuras di Pilkada NTB. Meski demikian, untuk ruas jalan ini rencananya akan dianggarkan melalui APBD Perubahan oleh bidang Bina Marga Dinas PUPR Propinsi NTB. Adapun untuk ruas jalan Samongkat-Batudulang juga cukup parah kondisinya akibat bencana alam terjadinya longsor sehingga membuat sejumlah titik sepanjang ruas jalan tersebut ambruk dan saluran drainase banyak yang tertutup, tukas Jamal.

Menurut Jamaluddin, untuk jalan propinsi spesifikasi dan kualitasnya berbeda dengan jalan nasional. Dimana jalan propinsi ada batas maksimal tonase yang bisa dilalui yakni maksimal 20 ton. Jika muatan kendaraan melebihi 20 ton, maka akan membuat jalan cepat rusak. Dalam hal ini anggaran di Balai jalan hanya untuk pemeliharaan seperti pembersihan drainase, pembersihan daerah milik jalan (Damija) dan menutup jalan berlubang menggunakan aspal dingin atau Coolmix untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Sementara untuk pekerjaan berat seperti rehabilitasi dan pekerjaan secara berkala dilaksanakan oleh Dinas PUPR Propinsi, tandas Jamal Redy akrab pejabat ini disapa. 



Pewarta :Jim Sujiman 
Editor :Bayu

  • Ini Ruas Jalan Propinsi di Sumbawa yang butuh Perbaikan
  • 0

Terkini