Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Perkenalkan Budaya Sasak, Himalo Gelar Begawe Belek

Seputar NTB
Sabtu, 26 Agustus 2017 | 09.47 WIB
Perkenalkan Budaya Sasak,Himalo Gelar Begawe Belek
Mataram, Seputar NTB - Mahasiswa Lombok yang melanjutkan studinya di Solo, Provinsi Jawa Tengah akan menggelar kegiatan Bagawe Belek. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya sasak di kalangan masyarakat Solo secara umum.

Sementara kegiatan Begawe Belek direncanakan sekitar tanggal 4 Nopember 2017. Dengan bertempat di Plaza Sriwidari Surakarta Solo Jawa Tengah.

"Kegiatan begawe belek ini dilaksanakan untuk perkenalkan budaya dan adat istiadat Sasak di Solo sebagai sarana promosi kepada masyarakat luar,," tegas Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Begawe Belek Himalo, Rizka Dwi Oktaviani.

Dikatakannya dalam kegiatan begawe belek tersebut meliputi kegiatan nyongkolan, gendang belek, bejanggeran, tari rudat putri mandalika, begibung dan peresean.

Sehingga dengan adanya kegiatan ini tentunya budaya sasak akan bisa dikenal orang luar.Apalagi budaya sasak dengan keunikan dan ciri khasnya tentunya akan mampu membeli daya tarik tersendiri bagi orang lain untuk mempelajarinya.

"Kegiatan yang akan kami lakukan karena merasa terpanggil sebagai warga Lombok yang ada di daerah rantauan untuk perkenalkan kepada orang lain," kata Riska, Mahasiswa Poltekes Solo ini.

Oleh karena itu, tambah Mahasiswa Poltekes Solo asli Mataram ini mengharapkan dukungan dari semua masyarakat yang ada di Lombok. Termasuk mahasiswa yang kuliah di Jawa Tengah untuk membantu agar penyelenggaraan begawe beleg ini bisa sukses terlaksana.

Begitu juga meski kegiatannya masih tinggal dua bulan lagi,nama tentunya semua persiapan terus dilakukan agar pelaksanaannya bisa berjalan baik sebagaimana yang diharapkan bersama.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan,sehingga dukungan semua pihak untuk membantu mensukseskan sangat diharapkan," tandasnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua Himalo NTB, Iman Ari Wijaya menegaskan rencana kegiatan begawe belek ini tentunya di dasari atas pemikiran teman-teman mahasiswa yang berasal dari pulau Lombok kuliah di Solo. Dalam rangka untuk mempromosikan dan melestarikan budaya sasak yang kita miliki bersama.

"Selain tugas kami menuntut ilmu di daerah rantauan, tapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap budaya," tandas Imam.(RS)
  • Perkenalkan Budaya Sasak, Himalo Gelar Begawe Belek
  • 0

Terkini