Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Pemerintah Akan Kembalikan Kejayaan Bisnis Gerabah

Seputar NTB
Minggu, 20 Agustus 2017 | 11.28 WIB
Pemerintah Akan Kembalikan Kejayaan Bisnis Gerabah
Mataram,Seputar NTB - Gerabah asal Banyumulek Lombok Barat, pernah menyedot minat pasar mancanegara. Namun kini nasib kerajinan yang pernah menjadi primadona ekspor provinsi NTB kini bisa di bilang mati suri.

Sebelumnya pasar ekspor gerabah sebagaian besar ke negara Eropa, Asia bahkan Timur Tengah, sekarang meredup. Meredupnya ekspor gerabah diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Baiq Eva Parangan di Mataram.

Dinas Perindustrian kini mulai fokus membangkitkan kembali gairah kerajinan industri gerabah, dengan melakukan inovasi dari bentuk serta coraknya, khususnya sentra gerabah di desa Banyumulek Lombok Barat.

Tahun 2017 Dinas Perindustrian akan memberikan perlakuan khusus bagi perajin gerabah Banyumulek. 

“Pengrajin gerabah akan diberikan pembinaan dan pendampingan khusus dengan mengajarkan kepada pembuat gerabah agar melakukan inovasi baik dari segi bentuk maupun corak,” ungkapnya.

Eva mengatakan, salah satu upaya menghidupkan kembali kejayaan kerajinan gerabah Banyumulek yang mati suri adalah melalui program pendampingan, untuk peningkatan mutu dan kualitas produk kerajinan gerabah.

“Pendampingan kepada para perajin gerabah akan dilakukan profesional di bidangnya,” jelasnya.

Pendampingan bisa berupa peningkatan mutu produk, kreatifitas dan inovasi. Misalnya, perajin dibina agar mampu menghadirkan produk-produk gerabah yang memiliki nilai arsitektur dan ciri khas kelokalan.

Selain itu, produk yang dihasilkan tersebut tidak bertentangan dengan aturan dari Negara tujuan ekspor.  Seperti bahan baku yang dilarang Negara tujuan ekspor, termasuk kualitas dari produk gerabah itu sendiri.

“Saya berharap kerajinan gerabah ini bisa lagi eksis dipasar ekspor NTB seperti tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya. (ZL)
  • Pemerintah Akan Kembalikan Kejayaan Bisnis Gerabah
  • 0

Terkini