Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Cegah Ilegal Logging, Aparat Bentuk Patroli Gabungan

Seputar NTB
Sabtu, 26 Agustus 2017 | 09.52 WIB
Cegah Ilegal Logging, Aparat Bentuk Patroli Gabungan
Lombok Timur, Seputar NTB - Aparat dari Kodim 1615 Lotim, Polres Lombok Timur,Polisi Kehutanan (Polhut) bersama Bakesbangpoldagri Lotim dan bersama jajaran Polsek dan Koramil membentuk tim dalam rangka melakukan patroli gabungan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kasus ilegal logging yang dilakukan masyarakat tinggal di wilayah hutan di Lotim.

Demikian ditegaskan Dandim 1615 Lotim, Letkol. Inf. Agus Setiandar. "Kami telah sepakat untuk membentuk tim patroli gabungan guna mencegah aksi penebang kayu di hutan yang dilakukan masyarakat," tegasnya.

Ia menjelaskan sasaran dari tim yang yang dibentuk terutama menyisir dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat di sekitar kawasan hutan. Baik hutan yang berada di kawasan wilayah TNGR, Hutan Sambelia, Hutan Sembalun, Hutan Suele.

Karena di wilayah itu sangat riskan terjadi penebangan pohon atau ilegal logging yang dilakukan masyarakat. Tanpa pernah memikirkan dampak yang akan ditimbulkan kedepannya, akibat dari kegiatan tersebut.

"Kita lebih mengedepankan pencegahan kepada masyarakat, namun kalau terus melakukan maka tim bisa melakukan penindakan langsung," jelasnya.

Selain itu, lanjut orang nomor satu di jajaran Kodim 1615 Lotim,dengan adanya tim patroli ini juga untuk mencegah  adanya perambahan di kawasan hutan lindung. Apalagi dengan saat ini adanya persoalan antara TNGR dengan salah satu pejuang tanah adat yang mengklaim hutan itu milik masyarakat setempat.

Bahkan juga tim ini melihat titik – titik tandus yang rawan terhadap kebakaran hutan. Dengan mengambil pelajaran dari terbakarnya kawasan Rinjani. Sehingga hendaknya harus dilakukan antisifasi.

"Yang jelas bukan menjadi tanggungjawab aparat saja yang melakukan kegiatan seperti ini,akan tapi semua elemen juga harus miliki kepedulian untuk menjaga dan lestarikan hutan" tandasnya. (RZ)
  • Cegah Ilegal Logging, Aparat Bentuk Patroli Gabungan
  • 0

Terkini