Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Petani Tembakau Terancam Merugi

Seputar NTB
Selasa, 11 Juli 2017 | 21.17 WIB
LOTENG,SEPUTARNTB. Kondisi cuaca yang tidak menentu mulai meresahkan petani tembakau. 
Intensitas hujan yang mengguyur selama tiga hari,   menyebabkan kualitas tembakau menjadi rusak. Bahkan lebih parah kondisi akan mengakibatkan petani tembakau merugi. Tidak terkecuali petani tembakau yang ada di Lombok Tengah (Loteng).

“Karena kondisi alam yang tidak mendukung, kami takut tembakau rusak dan tidak bisa dipanen. Sehingga kemungkinan petani tembakau dapat merugi,"ujar  Hamzan salah satu  petani tembakau di Loteng

Keresahan petani ini juga diungkapkan oleh Kepala Desa Mangkung, Syamsul Rizal. Menurutnya, hampir 70 persen masyarakat yang ada di wilayahnya menggantungkan nasibnya sebagai petani tembakau. Selain itu, biaya produksi untuk tembakau terbilang tinggi, petani juga diharuskan kerja ekstra. Sehingga jika sudah hancur, maka petani tembakau akan terancam.

“Kalau sudah hancur, petani akan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Karena menjadi satu-satunya mata pencarian masyarakat. Belum lagi kebutuhan pokok yang semakin tinggi,” keluhnya. 

Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya hal terburuk, pemerintah diharapkan memberikan respons cepat. Dalam hal ini pemerintah melalui Dinas Pertanian diharapkan memberikan solusi kepada petani tembakau yang terancam merugi. Baik itu terkait pola tanam atau tanaman pengganti yang cocok jika tembakau sudah terlanjur rusak. 

 “Seharusnya ada solusi yang diberikan, kalaupun sudah terlanjur rusak, lahan akan diganti dengan tanaman apa yang cocok,” ujarnya. (Ade)

  • Petani Tembakau Terancam Merugi
  • 0

Terkini