Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Pertanyakan Kualitas Beras, LPKSM Lobar Datangi Bulog,Ini Kata Kepala Divre Bulog NTB

Seputar NTB
Rabu, 07 Juni 2017 | 21.56 WIB
Ketua LPKSM Lobar, Fathurahman;Kepala Bulog Divre NTB, Achmad Ma'mun; Anggota LPKSM Lobar,Hendra
MATARAM,SEPUTARNTB. LPKSM ( Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat) Lombok Barat mendatangi Bulog Divre NTB ,Rabu (7/6).

Kedatangan mereka karena adanya keluhan masyrakat penerima rastra atas kualitas dan kuantitas rastra yang diterima.

"Banyaknya masyarakat yang melaporkan dan mengeluhkan kondisi rastra yang mereka terima kepada lembaga, mendorong kami untuk mendatangi bulog guna mendapatkan klarifikasi atas keadaan ini,"tuturnya.

Sementara ditempat bersamaan Kepala Bulog Divre NTB,Achmad Ma'mun dalam klarifikasinya menyampaikan Perum Bulog Divre NTB  meminta maaf atas masih terdapatnya beras rastra dengan kondisi tidak standar ( berdebu.red) yang tersalurkan kepada mayarakat penerima rastra.

Ia mengatakan Salah satu penyebab menurunnya kualitas beras karena lamanya masa simpan yakni mencapai 8 bulan dikarenakan  keterlambatan persyaratan administrasi dari pusat sehingga penyaluran terlambat selama 4 bulan  sedangkan  yang disalurkan itu merupakan pengadaan tahun 2016 dengan harga pembelian saat itu Rp.7.300/kg.

Mempertimbangkan adanya persediaan dengan masa simpan yang cukup panjang,dilanjutnya, maka sebelum disalurkan kepada masyarakat (baca: penerima rastra) di gudang bulog  dilakukan pengecekan atau sortasi untuk meyakini beras yang disalurkan sesuai standar.

"Masih tidak tertutup kemungkinan beras tidak standar lolos sortasi atau pengecekan dan baru diketahui setelah sampai titik distributor, dan Perum Bulog berkewajiban mengganti dengan beras baik sesuai standar dalam waktu 2x24 jam berdasarkan Pedum Rastra 2017,"jelasnya.

Pria tinggi besar tersebut menyebutkan karena pelaksanaannya kurang efektif dan masih terdapat keluhan dari titik distribusi,sebab itulah berbagai upaya dilakukan Perum Bulog NTB dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas Rastra diantaranya melakukan usulan ke Perum BULOG Pusat untuk dilakukan perbaikan kualitas beras pengadaan  Divre Bulog NTB tahun 2016 sebesar 1.405.470 kg dan telah disetujui oleh Perum Bulog Pusat per tanggal 31 Mei 2017 kemarin.

Mulai tanggal 02 Juni 2017,lanjutnya Divre Bulog NTB juga  melakukan perbaikan kualitas beras di gudang- gudang Bulogse pulau Lombok yang masih menyimpan beras pengadaan 2016,diantaranya di gudang Cakranegara I, gudang Lembar, gudang Ubung, dan gudang Semayan.

"Perbaikan kualitas beras itu kami lakukan dengan metode reproses menggunakan dua proses,yakni  Blower atau penggilingan kembali dan Mixing atau pencampuran antara beras hasil blower dengan beras baru.Dimana pencampuran dengan perbandingan 10 kilo beras baru dicampur 5 kilo beras hasil blower," paparnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan dari sejumlah 23.538.495 kg beras yang disalurkan,laporan keluhan yang diterima bulog sebanyak 230.425 kg dengan penggantian sebesar 229.225 kg dan yang tidak dilakukan penggantian sejumlah 1.200 kg.

"ini berarti persentase keluhan sangat minim yakni hanya 0,01 persen dari jumlah yang disalurkan," ungkapnya.

Mengenai keterlambatan penyaluran Rastra hingga empat bulan lamanya lanjutnya menjadi salah satu penyebab perubahan kualitas.Namun demikian Perum Bulog Divre NTB akan terus melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan diharapkan tidak ada lagi keluhan dimasa yang akan datang.

"Belum fix nya data dari pusat menjadi penyebab keterlambatan penyaluran ,sehingga  rastra lebih lama  mengendap digudang yang berakibat pada menurunnya kualitas beras itu sendiri,"terangnya.

Ia menegaskan untuk penyalauran Rastran bulan selanjutnya,sebelum disalurkan terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan oleh Tim Koordinasi Rastra Provinsi/Kabupaten Perwakilan Titik Distribusi (Desa.red).

Perum Bulog akan memberikan sanksi yang tegas sesuai ketentuan yang berlaku kepada oknum Petugas ( Pihak Gudang dan pelaksana penyaluran.red) yang lalai memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(ft)                        

  • Pertanyakan Kualitas Beras, LPKSM Lobar Datangi Bulog,Ini Kata Kepala Divre Bulog NTB
  • 0

Terkini