Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Penerapan PPDB Sistem Zonasi Sesuai Aturan

Seputar NTB
Rabu, 21 Juni 2017 | 01.37 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah H.Sumum

LOTENG, SEPUTARNTB. Kendati Penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP dengan sistem zonasi  diwilayah Kabupaten Lombok Tengah saat ini menjadi persoalan. Namun, pihak Dinas Pendidikan mengklaim penerapan PPDB Sistem Zonasi sudah sesuai dengan mekanisme dan pengkajian yang matang. Sebelumnya, sejumlah warga melakukan protes ke salah satu sekolah yang menerapkan PPDB sistem Zonasi.  Karena anak mereka tidak bisa masuk sekolah di tempat yang mereka inginkan. 

"Penerapan PPDB di Loteng dengan sistem zonasi . Sudah sesuai dengan pedoman atau aturan dari Menteri Pendidikan No 17 tahun 2017 ,"ungkap Sekretaris Dinas  Pendidikan Loteng, Lalu Muliawan dikantornya, selasa (20/6).

Dijelaskan, tujuan diterapkan peneriman murid baru dengan sistem zonasi itu . Untuk pemerataan kualitas mutu pendidikan disemua sekolah. Selain itu juga, semua sekolah akan kebagian murid baru. Tidak ada lagi sekolah yang kekurangan murid.

" Standar mutu pendidikan semua sekolah itu kedepan bisa sama. Karena sebelumnya ,  anak yang pinter mereka mendaftar ke  sekolah favorit,"jelasnya

Akan tetapi, bagi siswa yang ingin sekolah diluar zonasi mereka harus masuk melalui jalur prestasi. Dalam mekanisme sistem zonas itu juga sudah jelas. Siswa umum sekitar 60 persen, Siswa jalur prestasi 20 persen, dan siswa jalur prasejahtera 20 persen. Sehingga kuota semua sekolah itu bisa terpenuhi. 

"Intinya penerapan sistem zonasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan,"ujarnya 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Loteng, H.Sumum menambahkan, bahwa penerapan PPDB  sistem zonasi  ini sudah ditentukan oleh pusat dan dilaksanakan disemua wilayah.  Bukan di Loteng saja. "Ini kebijakn pemerintah pusat dan harus diterapkan,"pungkasnya. (Ade)
  • Penerapan PPDB Sistem Zonasi Sesuai Aturan
  • 0

Terkini