Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

PEMKAB LOBAR GELAR KESIAPAN LIBUR LEBARAN.

Seputar NTB
Jumat, 23 Juni 2017 | 01.14 WIB
Suasana rapat kesiapan jelang lebaran, Pemkab Lobar.
LOBAR,SEPUTARNTB. Diprediksi libur lebaran tahun ini akan lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab. Lobar) bergegas menggelar rapat koordinasi bersama seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Lombok Barat yang diadakan hari Kamis (22/06) di Ruang Jayengrane Kantor Bupati Lombok Barat.

Fokus pembahasan adalah kesiapan menyambut dan pelaksanaan libur setelah lebaran Idul Fitri yang diprediksi jatuh pada hari minggu, 25 Juni 2017 esok. Kesiapan tersebut menyangkut aspek keamanan di arus mudik dan balik, serta event kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid saat membuka rakor tersebut berharap agar perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Lebaran Topat berjalan lancar dan aman.

"Sebagai ritual tahunan, saya berharap, baik lebaran hari raya dan lebaran topat terselenggara tanpa ada kendala satupun, baik dalam hal persiapan Pemerintah Daerah sendiri, keamanan dan ketertiban, serta antisipasi terhadap ganguan dari luar yang tidak kita inginkan," harap Ketua PMI Lobar ini.

Dalam rangkaian Libur Lebaran, Pemkab Lobar telah menyiapkan gelaran Pawai Takbiran bersama DPD KNPI Lombok Barat versi Zein Darmatyang dipusatkan di sepanjang jalan protokol Gerung.  

Penyelenggaraanya akan melibatkan lebih dari seribu peserta dari seluruh kecamatan dan diselenggarakan di malam Idul Fitri, tepatnya hari Sabtu (24/5).  

Untuk keamanan lalu lintas, pihak kepolisian telah berbagi tugas sesuai wilayah hukumnya masing-masing, baik untuk Polres Lombok Barat maupun Polresta Mataram.

"Dalam hal ini, TNI-Polri dan Pol-PP akan sama-sama saling bersinergi untuk menjamin keamanan dan ketertiban lalu lintas di jalur-jalur yang akan dilalui, baik saat pawai takbiran maupun Lebaran Topat,"  ucap Kapolres Kota Mataram, AKBP. Muhammad, S.IK.

Polres Lobar sendiri di samping fokus untuk pawai takbiran dan pengamanan arus mudik-balik, juga memberi atensi penuh terhadap pelaksanaan Lebaran Topat.

"Kita memfokuskan pengamanan di Senggigi dengan melakukan pengamanan secara masif dan berkoordinasi dengan Kapolda NTB," ujar Kapolres Lobar I. K. Giartana.

Hal itu dikarenakan kawasan Senggigi masih merupakan tujuan favorit warga lombok untuk berlibur. Selain itu Kapolres Lobar juga memfokuskan pengamanan di beberapa titik pusat keramaian lainnya, yaitu Pantai Elak-elak, Pantai Nambung, Pantai Cemare dan Pantai Kuranji.

"Untuk menghindari kemacetan di wilayah Senggigi, Polres Lobar akan menerapkan sistem buka tutup di jalur tersebut agar pelayanan pariwisata tidak terganggu," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Ispan Junaedi menyatakan ada penambahan alur pelepasan kegiatan di Lebaran Topat nanti.

Bupati Lombok Barat direncanakan melakukan nyekar dan pengambilan air keramat di Makam Batulayar terlebih dahulu, baru kemudian diarak dengan barisan cidomo menuju Pantai Duduk Batulayar yang dijadikan pusat kegiatan. 

Hal ini relatif tumben dilakukan, karena biasanya hal itu cukup dilakukan oleh Camat yang didampingi tetua tokoh agama dan tokoh adat Batulayar.(ft)                        

  • PEMKAB LOBAR GELAR KESIAPAN LIBUR LEBARAN.
  • 0

Terkini