Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

BPBD Loteng Mulai Susun Rencana Kontijensi

Seputar NTB
Selasa, 13 Juni 2017 | 02.31 WIB
BPBD Loteng Mulai Susun Rencana Kontijensi 
LOTENG, SEPUTARNTB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah (Loteng) menggelar sosialisasi penyusunan rencana kontijensi (Renkon) bencana, di ruang rapat Kantor FKUB Loteng, Senin (12/6).

Rencana kontijensi merupakan salah satu perencanaan penanggulangan bencana. Dengan tujuan memperkecil resiko bencana yang dapat ditimbulkan. Dimana digunakan pada saat  melaksanakan kegiatan siaga darurat bencana. 

“Ini merupakan bentuk dari program inovasi. Sasarannya nanti akan diarahkan untuk penanggulangan bencana erupsi Gunung Baru Jari Rinjani,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Loteng, H Lendak Jayadi yang juga selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK).

Ditambahkan, seharusnya dalam setiap badan ada satu jenis Renkon untuk satu bencana. Akan tetapi di Loteng ha tersebut masih belum ada sama sekali Renkon. Meski demikian, pihakhnya sudah memberikan usulan melalui propalosal dan sudah direspon oleh Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB). 

 “Oleh karena itu, kami saat ini fokus dulu pada penangulangan bencana erupsi gunung berapi,” tuturnya. 

Dijelaskan, perencanaan akan melibatkan seluruh stakeholder di kabupaten maupun provinsi. Pelatihan ini nantinya akan difasilitasi langsung oleh BNPB pusat. Guna memberikan pelatihan kepada petugas dan masyarakat.

“Program ini direncanakan mulai dilaksanakan selepas bulan Ramadan,” ungkapnya. 

Pada kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan masyarakat yang terkena dampak bencana secara langsung. Selain itu, pada kegiatan sosialisasi skema tertentu yang dilakukan. Selain mampu diperkenalkan kepada masyarakat, juga untuk menggali usulan dari semua pihak. 

“Kami berharap  program ini bisa mendapat respon dari masyarakat. Sehingga bisa memberi manfaat bagi semua,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Loteng, HL Moh Amin yang membuka acara tersebut, menyampaiakan  apreasiasi atas adanya program ini. Selain untuk mensosialisasikan terkait penanggulangan bencana kepada masyarakat. Sehingga masyarakat secara mandiri akan mampu dan memiliki kompetensi dalam menanggulangi bencana.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Terutama memberikan pengetahuan serta kterampilan bagi masyarakat,” pungkasnya.


(Ade)
  • BPBD Loteng Mulai Susun Rencana Kontijensi
  • 0

Terkini