Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Puluhan Warga Selong Belanak Adukan Soal Roi Pantai

Seputar NTB
Rabu, 19 Oktober 2016 | 17.41 WIB
Puluhan Warga Selong Belanak Adukan Soal Roi Pantai
LOMBOK TENGAH, SEPUTAR NTB – Puluhan warga Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah NTB memprotes batas bangunan roi pantai di kawasan pariwisata pantai Selong Belanak. Mereka menilai para investor pemilik lahan telah melanggar aturan roi pantai. Protes tersebut dilayangkan warga dengan menggelar hearing public di kantor Bupati setempat pada Rabu (19/10/2016) didampingi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lombok Tengah.   

Koordinator warga Lalu Sayuti mengatakan para pelaku wisata di Selong Belanak diduga melakukan pelanggaran aturan mengenai roi pantai. Menurutnya hampir semua roi pantai sudah dikuasai broker dan melanggar batas pembangunan dari pantai 23 meter dengan cara melakukan penimbunan terhadap muara pantai. "Apalagi semua pantai ditembok, kalau semua roi pantai ditembok lalu mana jalan bagi masyarakat untuk menikmati pantai. Apalagi muara sungai di pantai itu juga ditimbun, padahal itu bukan hak milik mereka," ungkapnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah HL. Putria menegaskan, batas roi pantai sesuai aturan yang ada sekitar 35 meter dari pohon terluar. Selain itu ia menegaskan pembangunan pariwisata  harus dilakukan secara bersama - sama antara pemerintah, pelaku pariwisata dan masyarakat. “Tiga pilar ini harus bersinergi dalam membangun,” terangnya.

Sebelumnya, puluhan warga Desa Selong Belanak telah melakukan pengerusakan terhadap tembok pembatas bangunan yang berada di kawasan pariwisata yang di miliki oleh sejumlah investor. Kasus pengrusakan ini telah dilaporkan pada pihak Kepolisian Resort Loteng dan masih dalam proses pemeriksaan sejumlah saksi. (Ls) 
  • Puluhan Warga Selong Belanak Adukan Soal Roi Pantai
  • 0

Terkini