Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Pembuatan KTP Gratis, Tapi Kok Masyarakat Bayar

Seputar NTB
Kamis, 27 Oktober 2016 | 10.22 WIB
Pembuatan KTP Gratis, Tapi Kok Masyarakat Bayar
LOMBOK TIMUR, SEPUTAR NTB - Meski Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur sudah menegaskan kalau pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik gratis 100 persen tanpa adanya pembayaran.

Sementara pada sisi lainnya justru masyarakat malah membayar pembuatan KTP dengan biaya yang sangat bervariasi, terlebih lagi dengan melalui calo atau pelantara tentunya biaya pembuatan KTP sangat mencekik  sekali.

"Kalau memang gratis kenapa kami membayar, apalagi dengan melalui calo bayarannya selangit,sehingga mengundang pertanyaan bagi kami," kata sejumlah warga yang membuat KTP di Dinas Dukcapil Lotim.

Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lotim, Sateriadi saat dikonfirmasi mengatakan kalau pembuatan KTP itu tidak ada yang bayar melainkan gratis. Sedangkan yang dilakukan pemungutan pembayaran adalah Pembuatan Kartu Keluarga (KK) sebesar Rp 5 ribu dan akta kelahiran juga gratis dari 0 sampai 60 hari.

"Yang tegaskan pembuatan KTP gratis 100 persen tidak pemungutan uang didalamnya," kata Sateriadi seraya menegaskan kalau ada masyarakat yang membuat KTP terus bayar silahkan laporan kepada kami siapa yang melakukan pemungutan tersebut.

Sateriadi yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lotim menjelaskan sampai saat ini jumlah masyarakat yang sudah melakukan perekaman E-KTP mencapai 73 persen, sedangkan yang sudah tercetak mencapai 66 persen.

"Ada selisih sekitar tujuh persen yang belum di cetak KTP-nya, karena masalah blangko kosong, akan tapi sudah dilakukan perekaman," tandas Sateriadi. (Rzl)
  • Pembuatan KTP Gratis, Tapi Kok Masyarakat Bayar
  • 0

Terkini