Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

DKP Lotim Prihatin Petani Lopster Banyak Tertangkap

Seputar NTB
Sabtu, 08 Oktober 2016 | 17.48 WIB
DKP Lotim Prihatin Petani Lopster Banyak Tertangkap
LOMBOK TIMUR, SEPUTAR NTB - Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lombok Timur mengaku prihatin dengan banyaknya para petani budidaya lopster Lotim yang ketangkap petugas. Karena berusaha mengirimkan bibit lopster ke luar Provinsi NTB. Sehingga tentunya ini menjadi masalah yang harus secepatnya ada solusinya agar para petani budidaya lopster tidak dirugikan.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lotim, Taswirudin kepada Seputar NTB di Selong. "Memang kami turut prihatin dengan para petani budidaya lopster kita yang ketangkap petugas," kata Taswirudin.

Taswir menjelaskan pihaknya sering turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kepada para petani mengenai Peraturan Menteri (Permen) Kelautan mengenai larangan untuk mengirimkan bibit lopster ke luar. Dalam setiap kesempatan, akan tetapi dari para petani budidaya lopster tidak mengindahkan dengan tetap melakukan pengiriman secara diam-diam. Maka resikonya mereka ditangkap petugas.

Namun pada sisi lainnya memang budidaya lopster di Lotim terutama bagian selatan merupakan salah satu primodona yang memiliki potensi yang sangat bagus untuk terus di budidayakan. Apalagi keuntungan yang di peroleh para petani budidaya sangat besar sekali, sehingga inilah yang membuat para petani merasa tergiur untuk terus melanjutkan. Meski pada sisi lainnya ada aturan yang melarang mengenai masalah budidaya lopster tersebut.

"Mamang terus terang lopster ini menjadi primadona yang sangat menguntungkan bagi para petani dan pemerintah untuk dikembangkan," terang Kepala DKP Lotim, Taswirudin seraya menandaskan lagi memang kami sudah meminta kepada pemerintah provinsi maupun pusat agar dalam pasal dalam Permen tersebut ditambahkan mengenai budidaya lopster dibolehkan itu tingkat lokal, akan tapi belum ada respon. (Rzl)
  • DKP Lotim Prihatin Petani Lopster Banyak Tertangkap
  • 0

Terkini