Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Belum Miliki Akta Nikah, 100 Pasutri Di Isbat

Seputar NTB
Selasa, 25 Oktober 2016 | 20.21 WIB
Belum Miliki Akta Nikah, 100 Pasutri Di Isbat
LOMBOK UTARA, SEPUTAR NTB - Meskipun sudah melangsungkan pernikahan secara sah dalam peraturan agama, namun pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Lombok Utara banyak yang tercatat masih belum memiliki akta nikah. Terkait itu pada selasa (25/10/2016) sebanyak 100 pasutri mendapat kesempatan untuk diisbat nikah secara gratis guna mendapatkan akta nikah.

Isbat nikah ini diberikan gratis kepada pasutri yang belum memiliki akta nikah, yang mana ini menjadi program pemerintah kabupaten melalui dinas kependudukan catatan sipil (Dukcapil) KLU dengan bekerjasama bersama pengadilan agama Kabupaten Lombok Barat dalam rangka mengurangi angka pasutri tanpa akta nikah.

‘’Ada tiga kecamatan yang ikut dalam isbat nikah kali ini, yakni Pemenang, Tanjung dan Gangga,”jelas sekdis dukcapil KLU H. Rubain kepada wartawan Seputar NTB.

Ia menyampaikan dari 100 peserta isbat kali ini,  kecamatan Pemenang hampir  85 persen peserta, dan sisanya berasal dari kecamatan Tanjung yakni 11 orang pasutri dan Gangga  5 orang pasutri, jumlah yang cukup banyak untuk kecamatan Pemenang sendiri dikatakannya karena memang dalam jadwal isbat kali ini diprioritaskan untuk kecamatan Pemenang, sementara kecamatan lain sendiri sudah dilakukan isbat sebelumnya, namun ada beberapa pasutri tidak tercover dalam isbat sebelumnya yang telah dilakukan, sehingga harus diikutkan untuk isbat pada kesempatan sekarang.

‘’Peserta isbat ini rata-rata merupakan pasutri yang menikah cukup lama dan  tidak mampu, serta memiliki anak yang belum memiliki akta kelahiran salah satunya,” terangnya.

Isbat nikah yang digelar di Gedung serba guna kecamatan Pemenang ini, kata Rubain ditargetkan bisa tuntas selama dua hari  untuk melakukan sidang kepada 100 pasutri tersebut, dan isbat kali ini merupakan isbat yang digelar pihak dukcapil untuk yang ke tujuh kalinya, dimana sebelumnya empat kecamatan di Kabupaten Lombok Utara telah disasar untuk digelar isbat nikah.

Sementara itu, rubain menambahkan untuk isbat nikah tahun 2016 ini, pihaknya menargetkan bisa menuntaskan sebanyak 360 pasutri yang bisa diisbat. Namun perlu diketahui tercatat di KLU masih banyak pasutri yang belum memiliki buku nikah, tercatat sekitar puluhan ribu pasutri dan rata-rata merupakan pasangan lama. (Dy)
  • Belum Miliki Akta Nikah, 100 Pasutri Di Isbat
  • 0

Terkini