Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

APGT Gencar Kampanyekan Gili Trawangan Bebas Sampah

Seputar NTB
Senin, 17 Oktober 2016 | 11.00 WIB
Ketua APGT, Acok Zani Bassok
LOMBOK UTARA, SEPUTAR NTB - Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan (APGT) terus melaksanakan kampanye Gili Trawangan bebas sampah. Kampanye bertajuk Save Gili Island ini sebagai edukasi masyarakat untuk peduli lingkungan di Gili Trawangan.

Ketua APGT, Acok Zani Bassok mengatakan bahwa kampanye ini berangkat dari keprihatinan pelaku usaha mengenai persoalan sampah di Gili Trawangan. Secara intensif dalam berbagai kesempatan, APGT mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga Gili Trawangan agar bebas dari sampah. 

“Kami terus lakukan sosialisasi Save Gili Trawangan, hari Minggu tanggal 16 Oktober 2016 di Café Paradiso Mataram. Pada bulan oktober ini APGT akan melakukan kampanye serupa di Lina Cottage dan Sahara Club Senggigi,” ungkapnya.

Seiring perkembangan pariwisata di Gili Trawangan, persoalan sampah menjadi isu pelik. Sebagai pulau kecil, daya tampung Gili Trawangan relatif terbatas. Padahal di sisi lain, volume sampah terus bertambah seiring perkembangan usaha dan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan. 

Selama ini, APGT bersama komponen lain di Gili Trawangan berusaha meminimalisir penumpukan sampah. Menerapkan system pengolahan sampah terpadu, kami memberikan peluang pekerjaan untuk penduduk lokal dan memastikan Gili Trawangan bisa bersih dan bebas dari Sampah. Dengan system ini, sampah basah dipilah untuk kemudian dijadikan pupuk organik, sedangkan untuk sampah anorganik dikumpulkan melalui bank sampah untuk kemudian mendatangkan penghasilan bagi masyarakat.  

“Kami memiliki system pengolahan sampah terpadu, memberdayakan masyarakat kami memilah sampah organik dan anorganik, contoh untuk tutup botol air mineral itu kami rangkai sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah tempat sampah,” ujar Acok Zani Bassok.  

APGT berharap agar kepedulian lingkungan Gili Trawangan dijaga bersama. Bila semua lapisan mau peduli, APGT optimis jika Gili Trawangan kedepan bisa menjadi tempat wisata yang bersih dan bebas dari sampah. “Demi terciptanya Gili Trawangan yang bersih dan bebas sampah. Kalau bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi? “ tandas Acok Zani Bassok yang juga sebagai Owner Sama Sama Bar Gili Trawangan. (As)
  • APGT Gencar Kampanyekan Gili Trawangan Bebas Sampah
  • 0

Terkini